Wahyu, Harumi (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Mencocokkan Kata dengan Flash Card di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_HARUMI_WAHYU_16005013_5985_2022.pdf [thumbnail of B1_04_HARUMI_WAHYU_16005013_5985_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_HARUMI_WAHYU_16005013_5985_2022.pdf
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun hal ini disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengambarkan kondisi awal
kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang, menggambarkan proses pembelajaran menggunakan media Flash Card, menggambarkan peningkatan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun melalui
permainan mencocokkan kata dengan Flash Card.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian memiliki empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi.
Subjek Penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang, tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah murid 15 orang yang terdiri dari 6 orang perempuan
dan 9 orang laki-laki. Teknik dari Pengumpulan data adalah Teknik Observasi dan Dokumentasi. Teknik Analisis data Menggunakan rumus persentase. Pertemuan ini dilakukan 2 siklus, persiklus memiliki 3 kali pertemuan.
Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun Melalui permainan mencocokkan kata dengan flash card, dilihat dari siklus I pada umumnya kemampuan membaca anak terlihat masih kurang
dengan persentase 31%, dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan membaca anak menjadi 84% melebihi dari KKM. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah Permainan mencocokkan kata dengan Flash Card dapat
meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang. Bagi kepala hendaknya menyediakan media flash card, serta guru dapat
menggunakan media flash card sebagai alternatif untuk meningkatan kemampuan membaca anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Permainan mencocokkan kata, Flash Card |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 10:17 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 10:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7369 |