Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Mencocokkan Kata dengan Flash Card di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang.

Wahyu, Harumi (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Mencocokkan Kata dengan Flash Card di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_HARUMI_WAHYU_16005013_5985_2022.pdf] Text
B1_04_HARUMI_WAHYU_16005013_5985_2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun hal ini disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengambarkan kondisi awal
kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang, menggambarkan proses pembelajaran menggunakan media Flash Card, menggambarkan peningkatan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun melalui
permainan mencocokkan kata dengan Flash Card.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, prosedur penelitian memiliki empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi.
Subjek Penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang, tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah murid 15 orang yang terdiri dari 6 orang perempuan
dan 9 orang laki-laki. Teknik dari Pengumpulan data adalah Teknik Observasi dan Dokumentasi. Teknik Analisis data Menggunakan rumus persentase. Pertemuan ini dilakukan 2 siklus, persiklus memiliki 3 kali pertemuan.
Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun Melalui permainan mencocokkan kata dengan flash card, dilihat dari siklus I pada umumnya kemampuan membaca anak terlihat masih kurang
dengan persentase 31%, dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan kemampuan membaca anak menjadi 84% melebihi dari KKM. Kesimpulan dari Penelitian ini adalah Permainan mencocokkan kata dengan Flash Card dapat
meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun di PAUD Anggrek 1 Pasar Ambacang. Bagi kepala hendaknya menyediakan media flash card, serta guru dapat
menggunakan media flash card sebagai alternatif untuk meningkatan kemampuan membaca anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Permainan mencocokkan kata, Flash Card
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 23 Apr 2025 10:17
Last Modified: 23 Apr 2025 10:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7369

Actions (login required)

View Item
View Item