Salma, Yuliza (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tas Makrame pada anak tunarungu di SLB Bina Bangsa (Penelitian Tindakan Kelas SLB Bina Bangsa Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_02_YULIZA_SALMA_15003081_5004_2019.pdf [thumbnail of B1_02_YULIZA_SALMA_15003081_5004_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_02_YULIZA_SALMA_15003081_5004_2019.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan dikelas VIII SLB
Bina Bangsa Padang pada siswa tunarungu, Peneliti mengamati pembelajaran dikelas
bahwa anak belum bisa membuat tas makrame terhambat pada pembuatan simpul
pipih anak masih ragu-ragu. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode
ceramah dan penugasan serta belum diberikan latihan secara berulang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan keterampilan
membuat tas makrame.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi.
Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas, peneliti sebagai
kolaborator dan guru kelas sebagai pelaksana. Penelitian ini memakai metode drill
untuk meningkatkan keterampilan membuat tas makrame. Hasil penelitian pada
kondisi awal yaitu 32%. Setelah dilaksanakan siklus I hasil pertemuan keempat 83% .
Hasil siklus II anak sudah bisa 91%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode drill
dapat meningkatkan keterampilan membuat tas makrame pada anak tunarungu di
SLB Bina Bangsa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN VOKASIOANAL |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7362 |