Pengaruh Kepemimpinan Demokratis dan Disiplin Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan

Darmawi, Darmawi (2015) Pengaruh Kepemimpinan Demokratis dan Disiplin Kerja Terhadap Motivasi Kerja Guru SD Negeri Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DARMAWI_1103610_6003_2015.pdf] Text
B1_1_DARMAWI_1103610_6003_2015.pdf

Download (821kB)

Abstract

Pengamatan awal yang terlihat bahwa masih rendahnya motivasi kerja
guru terlihat sebagai berikut: 1) faktor kesehatan fisiologis sebagian pegawai yang
masih tergolong rendah, 2) kondisi kerja yang kurang kondusif , 3). Sebagian guru
masih kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, 4) kurangnya
penghargaan yang diberikan kepada guru oleh pimpinan, 5) sebagian guru kurang
bersemangat dalam mengajar hal ini terlihat guru tidak memberikan bimbingan
dan dorongan kepada anak yang lemah dalam menerima pelajaran, membiarkan
anak keluar masuk kelas.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
kausalitas. Populasi penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar yang yang PNS di
Kecamatan Koto XI Tarusan yang berjumlah 330 orang. Sampel 136 orang guru
yang terpilih. Data penelitian dikumpulkan melalui penulisan angket dengan skala
likert, data ini dianalisis secara statistik menggunakan teknik korelasi dan regresi
menggunakan program SPSS Versi 20.
Hasil analisis data menunjukkan: 1) kepemimpinan demokratis
berpengaruh secara langsung terhadap motivasi kerja guru, secara deskriptif
bahwa kepemimpinan demokratis termasuk kategori baik dengan tingkat capaian
sebesar 8.4%, namun ada satu indikator yang perlu perbaikan yaitu memberikan
kebebasan kepada semua guru dalam melaksanakan tugas secara baik, 2) disiplin
kerja secara langsung berpengaruh terhadap motivasi kerja guru karena nilai sig<
0.05 secara deskriptif bahwa disiplin kerja guru secara keseluruhan dengan tingkat
capaian 8.5%, masih ada bebera indikator yang perlu perbaikan di antarannya
tepat waktu guru dalam mengajar, kesadaran terhadap tugas masih perlu perbaikan
karena kedua indikator ini termasuk kategori cukup, 3) kepemimpinan demokratis
berpengaruh secara langsung terhadap disiplin kerja guru secara keseluruhan
dengan tingkat capaian 18.1% karena nilai sig<0.05, artinya bahwa kepemimpinan
demokratis kepala sekolah dapat meningkatkan disiplin kerja guru SD Negeri
kecamatan Tarusan, 4) kepemimpinan demokratis melalui disiplin kerja
berpengaruh terhadap motivasi kerja guru secara keseluruhan dengan tingkat
capaian 11.9%, artinya semakin baik kepemimpinan kepala sekolah, diikuti
dengan disiplin yang tinggi dapat meningkatkan motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:18
Last Modified: 23 Apr 2025 07:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item
View Item