Netorial, Netorial (2014) Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar Dengan Aktivitas Belajar Mahasiswa Jurusan Sejarah Semester Januari-Juni 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NETORIAL_97128_4687_2014.pdf [thumbnail of B1_2_NETORIAL_97128_4687_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NETORIAL_97128_4687_2014.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis pada saat proses pembelajaran terlihat hanya sedikit mahasiswa mau mengemukakan pendapatnya,menjawab pertanyaan, bertanya, memberikan tanggapan ataupun sanggahan dalam proses perkuliahan tersebut walaupun dosen sudah memberikan
kesempatan untuk bertanya dan menanggapi. Faktor yang mempengaruhi dalam belajar mahasiswa Jurusan Sejarah salah satu dipengaruhi oleh pemanfaatan sumber belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
pemanfaatan sumber belajar dengan aktifitas belajar mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, maka penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Sejarah yang kuliah sejarah eropa pada semester Januari-Juni 2013 yang berjumlah 107 mahasiswa.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 mahasiswa, diambil menggunakan cara
simple random sampling dengan teknik pengambilan sampel menurut solvin yang dikemukakan oleh Bambang (2005:135). Pengumpul data dari responden dilakukan melalui kuesioner (angket). Data yang telah terkumpul lalu dianalisis
secara statistik menggunakan rumus Korelasi Product Moment dengan cara perhitungan manual. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil perbandingan rhitung
lebih besar dari rtabel dengan nilai rhitung 0,81 > r
tabel 0,297. Berdasarkan analisis dengan mengkonversikan data didapatkan hasil indikator variabel pemanfaatan sumber belajar berklasifikasi negatif artinya mahasiswa rata-rata
menjawab instrumen dengan pilihan jawaban jarang dan tidak pernah. Sedangkan hasil indikator aktivitas belajar dengan mengkonversikan data didapatkan hasil berklasifikasi negatif artinya mahaiswa rata –rata menjawab instrumen dengan
pilihan jawaban jarang dan tidak pernah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi
antara pemanfaatan sumber belajar (X) dengan aktifitas belajar (Y) mahasiswa Jurusan Sejarah Universitas Negeri Padang dalam proses pembelajaran yang berarti Ho ditolak. Jadi semakin maksimal pemanfaatan sumber belajar
mahasiswa maka semakin tinggi aktifitas belajar, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan yang terbaik dan bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:18 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7353 |