Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP

Wardhani, Imam (2023) Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_IMAM_WARDHANI_18004076_4289_2023.pdf] Text
B1_03_IMAM_WARDHANI_18004076_4289_2023.pdf

Download (5MB)

Abstract

ermasalahan penelitian pengembangan ini yaitu materi pembelajaran pada mata pelajaran IPS belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik, hal ini ditandai dengan bahan ajar dan media yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan hanya menggunakan buku teks sedangkan media yang digunakan guru berupa PPT akan tetapi media PPT belum mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media PPT memiliki kekurangan berupa kurangnya tantangan dalam pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik mudah bosan dan tidak serius dalam pembelajaran dan kurangnya tantangan dalam pembelajaran mengakibatkan kurangnya antusias dari peserta didik tersebut sehingga hasil belajar peserta didik menjadi menurun. Penelitian pengembangan ini bertujuan (1) mendeskripikan prosedur pengembangan game edukasi (2) menghasilkan game edukasi yang valid (3) menghasilkan game edukasi yang praktis. Jenis penelitian yang digunakan research and development dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen pungumpulan data berupa panduan wawancara,lembar validasi, dan angket kepraktisan. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi media,lembar validasi materi dan angket respon peserta didik. Teknis analisis data yang digunakan berupa uji coba validas materi, validitas media dan uji coba praktikalitas. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yaitu materi pembelajaran yang diajarkan belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik dan bahan ajar dan media yang digunakan belum maksimal dalam pembelajaran dengan subjek uji coba peserta didik kelas IX SMP Negeri 26 Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil validasi media dengan 4,5 dengan kriteria sangat valid. Hasil dari validasi materi 4,19 dengan kriteria sangat valid. Hasil penilitian peserta didik yang 58,93. disimpulkan bahwa game edukasi pada mata pelajaran IPS sangat valid dan praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Game Edukasi, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:17
Last Modified: 23 Apr 2025 07:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7346

Actions (login required)

View Item
View Item