Firdaus, Firdaus (2012) Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_FIRDAUS_19022_5980_2012.pdf [thumbnail of B1_1_FIRDAUS_19022_5980_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_FIRDAUS_19022_5980_2012.pdf
Download (568kB)
Abstract
Kinerja guru merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan dalam meningkatkan
efektifitas proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan survei awal terhadap beberapa orang
guru pada SMP Negeri di Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam, terindikasi memiliki
kinerja yang rendah. Fenomena ini diduga berhubungan erat dengan faktor supervisi kepala
sekolah dan kondisi lingkungan kerja guru yang belum efektif. Penelitian ini dimaksudkan
untuk mengungkapkan besarnya kontribusi supervisi kepala sekolah dan kondisi lingkungan
kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri se Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam.
Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: 1) Supervisi kepala sekolah berkontribusi
terhadap kinerja guru, 2) Kondisi lingkungan kerja berkontribusi terhadap kinerja guru, 3)
Supervisi kepala sekolah dan kondisi lingkungan kerja secara bersama-sama berkontribusi
terhadap kinerja guru.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Ampek Nagari
Kabupaten Agam yang berjumlah 98 orang guru. Sampel penelitian sebanyak 52 orang yang
diambil dengan teknik stratified proportional random sampling, dengan penetapan jenjang
pendidikan dan masa kerja sebagai strata populasinya. Instrumen yang digunakan untuk
pengumpulan data adalah angket model skala Likert, yang telah teruji validitas dan
reliabilitas. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis korelasi dan regresi.
Hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ketiga hipotesis yang diajukan dapat
diterima, yaitu supervisi kepala sekolah dan kondisi lingkungan kerja baik secara sendirisendiri
maupun secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru. Temuan penelitian
ini menunjukkan bahwa variabel supervisi kepala sekolah berkontribusi sebesar 14%
terhadap kinerja guru, variabel kondisi lingkungan kerja memberikan kontribusi sebesar 9,6%
terhadap kinerja guru. Secara bersama-sama kedua variabel berkontribusi sebesar 19,1%
terhadap kinerja guru. Disimpulkan bahwa kedua variabel bebas memiliki peranan penting
dan berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru disamping faktor-faktor lain yang tidak
dibicarakan dalam penelitian ini. Dengan kata lain kinerja guru dapat ditingkatkan melalui
peningkatan supervisi kepalasekolah dan kondisi lingkungan kerja. Dari temuan penelitian
disarankan kepada kepala SMP Negeri di Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam dan
semua pihak yang terlibat untuk memperhatikan kedua faktor yaitu supervisi kepala sekolah
dan kondisi lingkungan kerja dalam meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:16 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7342 |