Darwin, Darwin (2012) Kontribusi Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DARWIN_19056_5604_2012.pdf [thumbnail of B1_1_DARWIN_19056_5604_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_DARWIN_19056_5604_2012.pdf
Download (234kB)
Abstract
Dari pengamatan awal atau hasil pra survey yang dilakukan terhadap 
beberapa guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah, 
terlihat kinerja guru belum optimal. Fenomena ini diduga berhubungan dengan 
factor budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah. 
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1)  
Kontribusi budaya 
organisasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pandan. 2)  
Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru 
di SMP Negeri se-Kecamatan Pandan. 3) Kontribusi budaya organisasi dan 
kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama terhadap 
kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Tapanuli Tengah. 
Penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif analisis kuantitatif,  yang 
dimaksudkan meneliti peristiwa yang telah terjadi mengenai kinerja guru dan 
budaya organisasi, serta kepemimpinan trasformasional kepala sekolah. Populasi 
penelitian ini adalah guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan sebanyak 89 orang. 
Jumlah sampel sebanyak 51 orang guru dengan teknik pengambilan sampel adalah 
menggunakan Stratified Profortional Random Sampling. Instrumen penelitian 
yang digunakan adalah angket model skala Likert yang telah teruji validitas dan 
reliabilitasnya, dan di analisis dengan teknik korelasi dan regresi. 
Hasil penelitian adalah 1)  Budaya organisasi berkontribusi signifikan 
terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan dengan koefisien 
korelasi budaya organisasi (X1) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,39 dan 
berkontribusi sebesar 15,4%. 2) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah 
berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan 
dengan koefisien korelasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X2) 
dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,67 dan berkontribusi sebesar 44,4%. 3)  Budaya 
organisasi dankepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama
sama berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan 
Pandan dengan koefisien korelasi ganda antara budaya organisasi dan 
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru secara 
bersama-sama sebesar 0,704 dan berkontribusi sebesar 49,6%.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:15 | 
| Last Modified: | 23 Apr 2025 07:15 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7339 | 
 
         