Kontribusi Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah

Darwin, Darwin (2012) Kontribusi Budaya Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DARWIN_19056_5604_2012.pdf] Text
B1_1_DARWIN_19056_5604_2012.pdf

Download (234kB)

Abstract

Dari pengamatan awal atau hasil pra survey yang dilakukan terhadap
beberapa guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah,
terlihat kinerja guru belum optimal. Fenomena ini diduga berhubungan dengan
factor budaya organisasi dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1)
Kontribusi budaya
organisasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pandan. 2)
Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru
di SMP Negeri se-Kecamatan Pandan. 3) Kontribusi budaya organisasi dan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama terhadap
kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Pandan Tapanuli Tengah.
Penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif analisis kuantitatif, yang
dimaksudkan meneliti peristiwa yang telah terjadi mengenai kinerja guru dan
budaya organisasi, serta kepemimpinan trasformasional kepala sekolah. Populasi
penelitian ini adalah guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan sebanyak 89 orang.
Jumlah sampel sebanyak 51 orang guru dengan teknik pengambilan sampel adalah
menggunakan Stratified Profortional Random Sampling. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah angket model skala Likert yang telah teruji validitas dan
reliabilitasnya, dan di analisis dengan teknik korelasi dan regresi.
Hasil penelitian adalah 1) Budaya organisasi berkontribusi signifikan
terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan dengan koefisien
korelasi budaya organisasi (X1) dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,39 dan
berkontribusi sebesar 15,4%. 2) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah
berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Pandan
dengan koefisien korelasi kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X2)
dengan kinerja guru (Y) sebesar 0,67 dan berkontribusi sebesar 44,4%. 3) Budaya
organisasi dankepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama
sama berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan
Pandan dengan koefisien korelasi ganda antara budaya organisasi dan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru secara
bersama-sama sebesar 0,704 dan berkontribusi sebesar 49,6%.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:15
Last Modified: 23 Apr 2025 07:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item
View Item