Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA N 2 Pariaman

Harahap, Hartina (2017) Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMA N 2 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_HARTINA_HARAHAP_1302185_5203_2017.pdf] Text
B1_04_HARTINA_HARAHAP_1302185_5203_2017.pdf

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar sosiologi siswa di SMA N 2 Pariaman disebabkan oleh kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Mind Mapping merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi siswa kelas XI SMA N 2 Pariaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA N 2 Pariaman yang terdaftar
pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dengan teknik Random Kelompok, dimana sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IPS dan kelas kontrol adalah kelas XI IPS4 yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan deskripsi data, diketahui bahwa nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen adalah sebesar 11,8 sedangkan kelas kontrol adalah sebesar 6,5.Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis
diperoleh thitung
sebesar 7,7941 dengan taraf nyata 0,05 dan df = 58 diperoleh t
tabel sebesar 2,00172, karena t
hitung
> t
tabel
maka hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind
Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Uji t juga dilakukan
pada setiap konsep dasar, pada pengertian masyarakat majemuk dan multikultural
diperoleh t
hitung
6,958. Sedangkan pada soal ciri-ciri masyarakat majemuk
diperoleh t
hitung
sebesar 4,428. Pada soal macam-macam masyarakat multikultural
di Indonesia t
hitung
sebesar 5,416 pada soal dampak kemajemukan masyarakat
Indonesia diperoleh t
hitung
5,214 serta pada soal upaya untuk mewujudkan
masyarakat Indonesia yang multikultural t
hitung
sebesar 8 dengan t
tabel
2,00172 dan
df = 58. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas
XI SMAN 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal-S1
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:15
Last Modified: 23 Apr 2025 07:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7337

Actions (login required)

View Item
View Item