Sudesty, Shellya Putri (2021) Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Biologi Secara Online dan Offline di SMA Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SHELLYA_PUTI_SUDESTY_17031112_4585_2021.pdf [thumbnail of B1_3_SHELLYA_PUTI_SUDESTY_17031112_4585_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SHELLYA_PUTI_SUDESTY_17031112_4585_2021.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 menyebabkan proses pembelajaran offline di berubah menjadi pembelajaran online. Berdasarkan wawancara kepada guru biologi di SMAN 1 Padang, perubahan ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belaJar. faktor yang mempengaruhi, serta efektivitas dari pembelajaran biologi secara online dan Offline. Jenis penelitlan ini adalah penelittan deskriptif sampel dengan 287 peserta didik kelas X MIPA tahun ajaran 2019/2020 dan 268 peserta didik kelas X MIPA tahun aJaran 2020/2021. Teknik sampling pada penelitian ini adalah total sampling. Data pada penelitian ini adalah angket peserta didik dan dokumen hasil belajar UTS semester ganjil yang dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan program SPSS 23.0. Efektivitas pembelajaran dihitung menggunakan persentase ketuntasan belajar yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar dengan nilai signifikans 0,000. Rata-rata nilai pada pembelajaran offline (86,97) lebih tinggi dibandingkan pembelajaran online (79,49). Faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran biologi secara offline adaah aspek afektif, sedangkan pada pembelaJaran online adalah fasilltas. Persentase ketuntasan hasil belajar berdasarkan KKM adalah 87% pada pembelaJaran offline dan 65% secara online. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran online dan offline yang dipengaruhi Oleh faktor internal dan eksternal, dimana kualifikasi pembelajaran offline adalah efektif. sedangkan pembelajaran online cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Offline, Pembelajaran O |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:21 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7336 |