Pengaruh Pengunaan Strategi Pembelajaran Aktif Learning Tipe Learning Contract Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak

Hafani, Novila Dwi Yutri (2014) Pengaruh Pengunaan Strategi Pembelajaran Aktif Learning Tipe Learning Contract Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVILA_DWI_YUTRI_HAFANI_11665_605_2014.pdf] Text
B1_3_NOVILA_DWI_YUTRI_HAFANI_11665_605_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih banyak yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran IPS Geografi, minimnya peran siswa dan didominasi oleh pembelajaran. Kelas pembelajaran terfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan proses pembelajaran, sehingga hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Keberhasilan belajar dapat dicapai jika siswa berpartisipasi aktif dan mengikuti kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan model pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa. Salah satunya strategi pembelajaran aktif learningtipe Learning Contract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Aktif Learning tipe Learning Contract Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Geografi di SMP Negeri 3 X Koto Singkarak. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatanquasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 X Koto Singkarak yang berjumlah 126 orang yang terdiri dari 6 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposivesampling, yaitu kelas VIII i b dan VIII masing-masingnya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes.Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). c Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen81,3dan nilai rata-rata kelompok kontrol 72,7. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t 3,00 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,021 sehingga t hitung hitung > t . Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan strategi pembelajaran Aktif Learning Tipe Learning tabel Contractmemberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII Di SMPNegeri 3 X Koto Singkarak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktif Learning, Learning Contract, IPS, KKM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:13
Last Modified: 23 Apr 2025 07:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item
View Item