Kontribusi Persepsi tentang Profesi Bidang Kejuruan Teknik Listrik dan Informasi Dunia Kerja terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Padang

Syafrianto, Novi (2011) Kontribusi Persepsi tentang Profesi Bidang Kejuruan Teknik Listrik dan Informasi Dunia Kerja terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVI_SYAFRIANTO_79080_2011.pdf] Text
B1_3_NOVI_SYAFRIANTO_79080_2011.pdf

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masih rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa kelas XII SMK N 1 Padang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih rendahnya persepsi siswa tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik dan keterbatasan informasi mengenai dunia kerja yang mengakibatkan rendahnya usaha siswa untuk lebih mendalami kompetensikompetensi yang diajarkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap Kontribusi persepsi tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik dan informasi dunia kerja terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Tidak terdapat kontribusi persepsi tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik dan informasi dunia kerja secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa Populasi penelitian adalah Siswa kelas XII SMK Negeri 1 Padang tahun ajaran 2010 – 2011 sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling, jumlah sampel yang diambil 70% dari populasi yaitu sebanyak 76 orang. Pengumpulan data dari responden dilakukan melalui angket dan hasil belajar siswa. Uji coba dilakukan kepada responden sebanyak 30 orang siswa SMK N 5 Padang. Dari 60 pernyataan yang diajukan diperoleh sebanyak 59 item yang valid dan reliabel. Data yang dikumpul tersebut lalu dianalisis secara statistik dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat kontribusi persepsi tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik terhadap hasil belajar siswa sebesar 5,43%, terdapat kontribusi informasi dunia kerja terhadap hasil belajar sebesar 5,22% dan kontribusi persepsi tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik dan informasi dunia kerja terhadap hasil belajar siswa sebesar 10,63%. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik dan informasi dunia kerja adalah dua faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan hasil belajar baik sendiri-sendiri maupun secara bersama. Akhirnya disarankan kepada semua pihak yang terlibat didalam kegiatan proses belajar mengajar khususnya guru mata pelajaran produktif dan guru BP/BK agar dapat membekali siswa dengan faktor-faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar, terutama persepsi siswa tentang profesi bidang kejuruan teknik listrik dan pemberian informasi seputar dunia kerja sebanyak-banyaknya kepada siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Profesi, Teknik Listrik, Informasi Dunia Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:10
Last Modified: 23 Apr 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7295

Actions (login required)

View Item
View Item