Pengaruh Brand Equity Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Kyriad Bumiminang Hotel Padang

Ahmad, Fitra (2018) Pengaruh Brand Equity Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Kyriad Bumiminang Hotel Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AHMAD_FITRA_1303663_1108_2018.pdf] Text
B1_03_AHMAD_FITRA_1303663_1108_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang rekapitulasiguest comment yang layanan rerata masih dalam keadaan kurang baik, tidakstabilnya tingkat hunian kamar karena merek kyriad kurang dikenal oleh tamudan kebanyakan tamu membandingkan merek bumiminang yang lama denganmerek kyriad baru. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur danmengetahui pengaruh brand equity terhadap kepuasan tamu menginap dikyriad bumiminang hotel padang.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatifkausal yang bertujuan untuk melihat hubungan sebab akibat antara dua gejalaatau lebih antara variabel Brand Equity (X) terhadap Kepuasan TamuMenginap (Y) di Kyriad Bumiminang Hlotel Padang. Populasi dalampenelitian ini adalah tamu yang menginap di kyriad bumiminang hotel padangdengan menggunakan teknik pengambilan Purposive sampling. Jenis datadalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalampenelitian ini adalah data penilaian tamu menginap mengenai Brand Equitydengan menyebarkan kuisioner (angket). Teknik analisis dengan uji regresilinear.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasilsebagai berikut : (1) Brand Equity berada pada kategori baik (92,71%), (2)Kepuasan Tamu Menginap berada pada kategori baik (86,46%), (3) Hasil ujihipotesis regresi linear sederhana diperoleh F Hitung dengan signifikan. 0,000 <0,05, maka variabel brand equity dapat menjelaskan kepuasan konsumensecara signifikan, dengan R Square sebesar 0,516. Artinya brand equitymempengaruhi kepuasan tamu menginap sebesar 51,6 % dan sisanya 48,4%dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya harga, kualitas pelayanan dan biaya.Selanjutnya t hitung 5,170 > dari t tabel dengan taraf signifikan 0,05, makaterdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Kemudian diperoleh nilai koefesien regresi sebesar 0,495 dengan nilai t hitung 5,170 pada sig.0,000 <0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan brand equity akan meningkatkan 0,4 satuan kepuasan tamu menginap. Dengan demikianhipotesis yang diajukan (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand equity, Kepuasan tamu menginap
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:10
Last Modified: 23 Apr 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7291

Actions (login required)

View Item
View Item