Husna, Fadhila El (2014) Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_FADHILA_EL_HUSNA_12513_880_2014.pdf [thumbnail of B1_2_FADHILA_EL_HUSNA_12513_880_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_FADHILA_EL_HUSNA_12513_880_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep merupakan dasar untuk mencapai kemampuan matematis yang lebih tinggi seperti penalaran, koneksi, komunikasi, representasi, dan pemecahan masalah. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang kurang memberikan akses bagi siswa untuk mengembangkan proses berpikirnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT). Strategi REACT memberikan kesempatan bagi siswa secara berkelompok untuk mengkonstruksi pengetahuannya dengan mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konteks yang dikenali siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitiannya yaitu Static Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Batang Anai Tahun Pelajaran 2013/2014. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas X8 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf signifikan � = 0,05 diperoleh nilai ������� = 2,03 dan ������ = 2,00. Oleh karena ������� > ����� � maka tolak �0 berarti rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANSFERRING, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:10 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7289 |