Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dilengkapi Cerita Bergambar pada Materi Gerak pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP

Werni, Novera (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dilengkapi Cerita Bergambar pada Materi Gerak pada Makhluk Hidup untuk Siswa SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVERA_WERNI_1205618_3066_2016.pdf] Text
B1_3_NOVERA_WERNI_1205618_3066_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses komunikasi, yang akan berlangsung lebih cepat jika dibantu dengan penggunaan media seperti bahan ajar tertulis. Sebagai bahan ajar tertulis, lembar kerja peserta didik (LKPD) dilengkapi cerita bergambar merupakan salah satu alternatif bahan ajar untuk memudahkan siswa dalam memahami materi IPA. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan LKPD dilengkapi cerita bergambar pada materi gerak pada makhluk hidup untuk siswa SMP yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan 3 tahap dari model 4D yaitu define, design, dan develop. Tahap define meliputi analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan LKPD cerita bergambar. Pada tahap develop dilakukan uji validitas LKPD oleh lima orang validator dan uji praktikalitas oleh dua orang guru dan 31 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD dilengkapi cerita bergambar tentang materi gerak pada makhluk hidup untuk siswa SMP. Hasil uji validitas, diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar 86,75% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa LKPD dilengkapi cerita bergambar yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 89,03% dengan kriteria praktis, sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa memiliki nilai rata-rata 88,73% dengan kriteria praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD dilengkapi cerita bergambar pada materi gerak pada makhluk hidup untuk siswa SMP yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Cerita Bergambar, Gerak pada Makhluk Hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:09
Last Modified: 23 Apr 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7281

Actions (login required)

View Item
View Item