Analisis Hasil Belajar Siswa oleh Guru PKn di SMP Negeri Lubuk Alung

Sridevi, Nova (2014) Analisis Hasil Belajar Siswa oleh Guru PKn di SMP Negeri Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOVA_SRI_DEVI_97229_3584_2014.pdf] Text
B1_3_NOVA_SRI_DEVI_97229_3584_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan memberi gambaran tentang analisis hasil belajar siswa oleh guru PKn di SMP Negeri 2 Lubuk Alung, yang dilihat dari proses, hasil analisis hasil belajar siswa serta kendala-kendala yang ditemui oleh guru PKn dalam menganalisis hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses analisis hasil belajar yang dilakukan guru telah terlaksana dengan baik karena dalam melakukan proses analisis hasil belajar guru berpatokan pada silabus yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP). Dalam pengembangan silabus, guru mengkaji Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), merumuskan dan menetapkan indikator dapat dijaring dengan beberapa soal. Analisis hasil belajar siswa yang dilakukan guru pada umumnya siswa telah memahami Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator yang telah pelajari di dalam kelas. Kendala yang ditemui guru adalah susah nya guru PKn untuk melakukan Remedial bagi siswa yang tidak tuntas atau tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) karena program remedial dilakukan diluar jam pelajaran, serta kurangnya minat siswa dalam belajar akan menemukan hasil yang tidak memuaskan, selanjutnya kesiapan siswa dalam melaksanakan ujian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan analisis hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru PKn di SMP Negeri 2 Lubuk Alung telah terlaksana dengan baik dengan tujuan untuk melakukan inovasi dalam sistem penilaian dalam proses pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Hasil Belajar, Guru PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:09
Last Modified: 23 Apr 2025 07:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7275

Actions (login required)

View Item
View Item