Sari, Ilda Sartifa (2018) Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik Dilengkapi Peta Konsep Bergambar Tentang Materi Pokok Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan untuk Peserta Didik Kelas X1 SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_ILDA_SARTIFA_SARI_14031009_2751_2018.pdf [thumbnail of B1_03_ILDA_SARTIFA_SARI_14031009_2751_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_ILDA_SARTIFA_SARI_14031009_2751_2018.pdf
Download (11MB)
Abstract
Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang menekankan pada lima tahapan pokok pembelajaran saintifik, yaitu: (a) mengamati, (b) menanya, (c) mengumpulkan informasi, (d) mengasosiasi, dan (e) mengomunikasikan. Berdasarkan hasil penyebaran angket, SMAN 9 Padang sudah menggunakan media dalam pembelajaran, namun media yang digunakan belum bervariasi. Pada bahan ajar yang digunakan di sekolah sudah terdapat pendekatan saintifik, namun belum lengkap. Hal ini juga terdapat pada penyajian materi struktur dan fungsi jaringan hewan yang termasuk materi sulit di SMAN 9 Padang. Materi ini sulit dikarenakan banyak terdapat gambar yang hampir memiliki bentuk dan struktur yang sama, sehingga peserta didik juga kesulitan dalam membedakan fungsinya. Hal ini diatasi dengan menggunakan strategi belajar yaitu peta konsep (concept mapping) bergambar. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul berbasis pendekatan saintifik dilengkapi peta konsep bergambar tentang materi struktur dan fungsi jaringan hewan untuk peserta didik Kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan tiga tahapan dari model 4-D yaitu: define, design, develop. Tahap define adalah tahap menetapkan dan mendifinisikan syarat pembelajaran. Tahap design adalah tahap menyiapkan prototype modul yang dikembangan. Tahap develop adalah tahap yang menghasilkan modul berbasis pendekatan saintifik dilengkapi peta konsep bergambar dan dilakukan validasi oleh 3 orang dosen dan 2 orang guru. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru biologi dan 30 orang peserta didik Kelas XI SMAN 9 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil angket validasi dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Modul dengan pendekatan saintifik yang dihasilkan berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikaan bernilai 3,62 dengan kriteria sangat valid. Modul yang dihasilkan dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, dan manfaat bernilai 3,73 oleh guru dengan kriteria sangat praktis, dan 3,39 oleh peserta didik dengan kriteria sangat praktis. Jadi, modul berbasis pendekatan saintifik dilengkap peta konsep bergambar tentang materi struktur dan fungsi jaringan hewan yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan saintifik, Media pembelajaran, Materi struktur dan fungsi jaringan hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:08 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7256 |