Gambaran Soal Ujian Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 5 Mukomuko Tahun Pelajaran 2012-2013

Julia, Sipni (2013) Gambaran Soal Ujian Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 5 Mukomuko Tahun Pelajaran 2012-2013. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SIPNI_JULIA_97122_5888_2013.pdf] Text
B1_2_SIPNI_JULIA_97122_5888_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terdapat pada soal ujian kenaikan kelas di SMA N 5 Mukomuko, yang belum memenuhi syarat tes yang baik sebagai alat ukur. Tes yang baik sebagai alat ukur memiliki beberapa syarat diantaranya syarat validitas konstruksi yang mencakup tingkat berfikir dan materi keilmuan yang dites. Selain itu, tes yang baik sebagai alat ukur juga harus sesuai dengan aturan penulisan soal berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sehubungan dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gambaran soal ujian kenaikan kelas yang belum memenuhi syarat soal yang baik. Jenis penelitian ini adalah studi evaluatif dengan teknik analisis dokumen. Lokasi penelitian yaitu di SMA N 5 Mukomuko. Data diperoleh di sekolah berupa soal ujian kenaikan kelas semester genap tahun ajaran 2012 2013, yang dibuat oleh guru mata pelajaran sejarah. Soal ujian kemudian dianalisis dengan teknik analisis dokumen serta mengklasifikasikannya dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari segi tingkat berfikir yang diujikan lebih banyak berupa ingatan. Sedangkan aspek aplikasi dan analisis belum begitu terlihat. Dari segi materi yang diujikan materi lebih banyak berupa konsep dan fakta, sedangkan materi prinsip masih belum terlihat. Hal ini karena keterbatasan guru dalam menyusun soal ujian. Selanjutnya dari segi kaidah penulisan soal, masih terdapat kesalahan dalam penulisan, terutama dalam penulisan huruf. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian di atas adalah, bahwa gambaran soal dari segi materi serta tingkat berfikir yang lebih banyak berupa materi konsep dan fakta serta mengujikan tingkat berfikir ingatan. Untuk kaidah penulisan soal, masih banyak terdapat kesalahan dalam penulisan huruf. Dengan demikian, disarankan dalam pembuatan soal ujian, guru membuat kisi kisi soal dengan memperhatikan tujuan pembelajaran serta tingkat berfikir sesuai jenjang pendidikan, serta agar dapat dibentuk suatu tim editor dalam melakukan penulisan soal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soal ujian kenaikan kelas, Mata pelajaran sejarah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:29
Last Modified: 23 Apr 2025 04:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7236

Actions (login required)

View Item
View Item