Mardiska, Sintia (2016) Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_SINTIA_MARDISKA_1106551_1399_2016.pdf [thumbnail of B1_2_SINTIA_MARDISKA_1106551_1399_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_SINTIA_MARDISKA_1106551_1399_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Melakukan evaluasi program adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keberhasilan dari kegiatan yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas suatu program pembelajaran yang dibuat guru kelas X di SMAN 6 Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 mulai dari Program tahunan, Program semester, Silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif tipe Evaluatif. Informan penelitian ini adalah guru-guru sejarah kelas X dan siswa-siswi kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu: studi dokumen, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data melalui langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sejarah kelas X di SMAN 6 Padang sudah membuat program pembelajaran mulai dari Program tahunan, Program semester, Silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), namun tidak berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan karena: 1) pada Program tahunan pembagian alokasi waktu yang tidak cukup untuk pencapaian kompetensi dasar nya, 2) Pada Program semester banyaknya minggu tidak efektif, guru tidak menuntaskan materi ajar sehingga tidak tercapainya tujuan pembelajaran, 3) Pada Silabus, kegiatan pembelajaran dan penilaian hanya mengambil dari satu sumber yaitu modul saja dan guru tidak mencantumkan alat dan media, 4). Pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pada kegiatan pendahuluan guru tidak mencantumkan penyampaian tujuan pembelajaran siswa, kegiatan inti dan penutup guru menggunakan metode ceramah, sumber belajar hanya modul, dan tidak adanya penggunaan alat dan media pada saat menjelaskan materi ajar. Pada proses pembelajaran tidak adanya kesesuaian RPP dengan pelaksanaanya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru sejarah kelas X di SMAN 6 Padang sudah membuat program pembelajaran tetapi tidak berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi program pembelajaran, Sejarah, Mata pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:28 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7230 |