Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Dasar dan Pengukuran ListrikKelas X di SMK Negeri 2 Sawahlunto

Nofrizal, Agi (2015) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Metode Konvensional Dalam Pembelajaran Dasar dan Pengukuran ListrikKelas X di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AGI_NOFRIZAL_1652_2015.pdf] Text
B1_03_AGI_NOFRIZAL_1652_2015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketuntasan belajar siswa pada matapelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik (DPL) masih rendah dan masih terdapatsiswa yang belum mencapai KKM. Terlihat dari ketuntasan belajar siswa kelas XTITL yang tuntas hanya 40 % dan tidak tuntas 60 %. Hal ini dapat terjadi akibatsiswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, perlumetode belajar yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi denganbaik agar hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik meningkat. Metodepembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat diterapkan agar siswaterlibat aktif dalam pembelajaran dan memahami materi serta bertanggung jawabterhadap diri sendiri juga kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untukmengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa terhadap penggunaan metodeKooperatif Tipe TTW dengan metode konvensional dalam pembelajaran DPLpada siswa kelas X Ketenagalistrikan di SMKN 2 Sawahlunto.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitiankelas X SMKN 2 Sawahlunto yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yangterdiri dari kelas TITL 1 dan kelas TITL 2. Dari kedua kelas ini dipilih secaraacak, kelas TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelaskontrol. Untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis nilai ujiannasional (UN) pada mata pelajaran matematika. Penentuan kelas secara acakdilakukan karena rata-rata hasil UN siswa tidak berbeda secara signifikan.Hasil penelitian terlihat dari hasil belajar siswa yang menggunakanmetode kooperatif tipe TTW memliki rata-rata 84,66 dan hasil belajar siswa yangmenggunakan metode konvensional memiliki rata-rata 79,83. Nilai hasilpenelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswamenggunakan metode kooperatif tipe TTW dengan metode konvensional dalampembelajaran DPL di SMK Negeri 2 Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tipe Think Talk Write, Metode Konvensional, Koperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:22
Last Modified: 23 Apr 2025 04:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7222

Actions (login required)

View Item
View Item