Using Diary in Teaching Writing Recount Text at Junior High Schools

Putra, Nopriko Nanda (2011) Using Diary in Teaching Writing Recount Text at Junior High Schools. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOPRIKO_NANDA_PUTRA_77138_172_2013.pdf] Text
B1_3_NOPRIKO_NANDA_PUTRA_77138_172_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teks recount merupakan salah satu keterampilan yang harus diajarkan pada mata pelajaran bahasa Inggris di SMP. Pengajaran keterampilan menulis ini bertujuan agar para siswa mampu mengembangkan ide, pendapat, pemikiran dan perasaannya secara logis dan berstruktur dalam bahasa yang baik. Namun kenyataannya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menulis sebuah teks berbahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: siswa memiliki kesulitan dalam mengembangkan ide, siswa masih ragu dalam menentukan struktur dari teks, dan sedikitnya kosa kata yg di miliki oleh siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru sebaiknya menggunakan media yg menarik yang bisa mempengaruhi proses belajar siswa lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu, media ini akan membuat siswa termotivasi dalam menulis teks recount. Media yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis teks recount adalah diary. Diary merupakan salah satu media alternatif bagi siswa dalam menuliskan kegiatan mereka sehari-hari atau pengalaman yang pernah mereka alami yang sesungguhnya adalah sebuah teks recount. Ada tiga tahap pengajaran dalam menggunakan media diary ini yaitu: pre activity, whilst activity, dan post activity. Pre activity merupakan tahap awal yang difokuskan pada pengenalan teknik yang akan digunakan. Whilst activity merupakan tahap dimana siswa bekerja dalam kelompok untuk mengaplikasikan media diary dalam menulis teks recount. Post activity merupakan tahap akhir bagi siswa dalam menghasilkan karangan recount dan juga penilaian terhadap karangan yang dihasilkan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diary, Recount Text, Pre activity, Whilst activity, Post activity
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:19
Last Modified: 23 Apr 2025 04:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7205

Actions (login required)

View Item
View Item