Efektifitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh

Angrayni, Afrita (2021) Efektifitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_AFRITA_ANGRAYNI_17004003_3941_2021.pdf] Text
B1_03_AFRITA_ANGRAYNI_17004003_3941_2021.pdf

Download (8MB)

Abstract

Permasalah proses pembelajaran disebabkan oleh kurangnya penggunaanmedia pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi dalambelajar dimana guru hanya menggunakan bahan ajar buku sebagai mediapembelajaran, media video digunakan sebagai media dalam penyampaian materidalam mengatasi permasalahan. Penggunaan media video pembelajaran dapatlebih membantu siswa dalam memahami pesan materi pembelajaran yangdisampaikan oleh guru, diharapkan mampu menciptakan suasana yang lebihmenyenangkan, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuanmelihat efektivitas penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajarsiswa kelas XI pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh.Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen semu (quasy eksperimen).Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Tulehberjumlah 60 orang yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampelnyaadalah purposive sampling kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Tulehsehingga sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 2 yang merupakan kelaseksperimen dan kelas XI IPS 1 yang merupakan kelas kontrol. Masing-masingkelas berjumlah 30 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkandata menggunakan tes hasil belajar yang berupa soal objektif yang berjumlah 50butir soal yang disertai lembaran jawaban siswa, kemudian setelah dilakukan teshasil belajar maka selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen yangmenggunakan media video pembelajaran adalah lebih tinggi dibandingkan darinilai rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperolehthitung>ttabel (6,01>2,00) diartikan terdapat perbedaan nilai hasil belajar yangsignifikan pada taraf α0,05. Demikian disimpulkan bahwa penggunaan mediavideo pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada MataPelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Tuleh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:19
Last Modified: 23 Apr 2025 04:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7198

Actions (login required)

View Item
View Item