Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik

Fitri, Iis Sholehati (2020) Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_IIS_SHOLEHATI_FITRI_16031095_2476_2020 .pdf] Text
B1_03_IIS_SHOLEHATI_FITRI_16031095_2476_2020 .pdf

Download (11MB)

Abstract

Model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis untuk mencari jawaban dan menemukan jawaban sendiri dari suatu masalah yang dipertanyakan. Pada tahap inkuiri terbimbing ini, guru mengajukan permasalahan kemudian peserta didik dibimbing untuk menemukan cara terbaik dalam memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik berdasarkan studi literatur. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex Post Facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan seluruh artikel jurnal yang terindeks minimal SINTA 4 yang relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Diperoleh 5 artikel jurnal yang relevan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari artikel jurnal yang terindeks minimal SINTA 4. Analisis data pada penelitian ini merupakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif secara signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kompetensi belajar peserta didik, baik kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:07
Last Modified: 23 Apr 2025 04:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item
View Item