Pengaruh Penggunaan Media lnteraktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi lnformasi dan Komunikasi Kelas X di SMA 2 Batusangkar

Djafri, Nofriandi (2012) Pengaruh Penggunaan Media lnteraktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Teknologi lnformasi dan Komunikasi Kelas X di SMA 2 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NOFRIANDI_DJAFRI_88340_2024_2012.pdf] Text
B1_3_NOFRIANDI_DJAFRI_88340_2024_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mata Pelajaran TIK merupakan salah satu mata pelajaran yang penting dipelajari siswa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan teknologi untuk dimanfaatkan dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, sehingga selepas dari jenjang pendidikan yang ditempuhnya ada nilai tambah yang dimiliki. Namun masalah yang ditemui adalah pembelajaran masih bersifat konvensional, dimana pembelajaran masih bersifat ceramah khususnya pada pembelajaran yang bersifat teori karena siswa hanya mengandalkan guru dan guru hanya mengandalkan buku paket dan lembar kerja siswa (LKS) sebagai panduan selama mengajar jadi seolah-olah siswa hanya menerima materi pelajaran dari guru sehingga siswa masih sulit memahami materi pelajaran dan kurang termotivasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilaksanakanlah suatu penelitian dengan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan Media lnteraktif dalam pembelajaran dengan hasil belajar siswa pembelajaran konvensional. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang segnifikan dari penggunaan media interaktif terhadap hasil belajar pada mata pelajaan Teknologi lnformasi Komunikasi pada kelas X SMA N 2 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperimen.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batusangkar, pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, yaitu yang menjadi sampel adalah siswa kelas Xs SMA Negeri 2 Batusangkar (kelas eksperimen) dan siswa kelas X3 SMA Negeri 2 Batusangkar (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media lnteraktif, Hasil Belajar Siswa, TIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:03
Last Modified: 23 Apr 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7176

Actions (login required)

View Item
View Item