The Lexicogrammatical Features of Hortatory Texts Used by Senior High School Teachers in Padang

Sari, Senorica Yulia (2012) The Lexicogrammatical Features of Hortatory Texts Used by Senior High School Teachers in Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SENORICA_YULIA_SARI_77054_3512_2012.pdf] Text
B1_3_SENORICA_YULIA_SARI_77054_3512_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teks Hortatori merupakan salah satu jenis teks yang dianggap sulit oleh siswa kelas dua Sekolah Menengah Atas. Oleh sebab itu, guru menyediakan banyak contoh teks hortatori yang diambil dari berbagai sumber untuk diajarkan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bentuk-bentuk lexicogrammar yang ada didalam teks hortatori yang dipilih guru dan melihat relevansi lexicogrammar tersebut dengan standar informational literacy yang akan dicapai oleh siswa kelas dua SMA. Sumber data penelitian merupakan 13 teks hortatory yang digunakan oleh guru-guru bahasa inggris SMA di kota Padang. Melalui metode deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Systemic Functional Grammar (SFG) untuk menganalisis transitivity, mood, theme, dan complex clause masing-masing klausa dari teks tersebut. Hasil penelitian menjawab empat hal. Pertama, pada hasil transitivity analisis, penggunaan material dan relational attributive process serta banyak circumstance sudah tepat karena menggambarkan karakteristik dari teks hortatori. Namun, literasi SMA menganjurkan agar siswa diperkenalkan dengan lebih banyak nominalisation, sementara mayoritas teks hanya menggunakan sedikit nominalisation dan nominal group. Kedua, dari hasil analisis mood, diperoleh data bahwa teks didominasi oleh declarative clause, modality dan present tense. Dalam hal ini, semua hasil analisis menunjukkan ciri-ciri yang relevan dengan teks hortatori yang baik sebagai media untuk menyampaikan informasi melalui banyak pernyataan (declarative), mengandung unsur opini dan bujukan melalui banyak saran dan argumen (modality). Ketiga, dari hasil analisis theme, terdapat banyak unmarked topical theme dan textual theme. Hal ini membuktikan bahwa bahasa yang dipakai dalam teks masih sederhana sehingga cocok untuk anak SMA. Keempat, dari hasil clause system, ditemukan bahwa klausa yang ada didalam teks didominasi oleh simplex clause. Namun, literasi SMA mengharapkan siswa dapat memahami lebih banyak complex clause. Pada complex clause yang ada, logicosemantic yang dibangun banyak menggunakan kata hubung hypotactic elaboration dan paratactic enhancement. Artinya, hubungan antar klausa merupakan dan penambahan informasi atau pertentangan argumen.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teks Hortatori, Informational literacy, Transitivity Analysis, Mood Analysis, Theme Analysis, Complex Clause Analysis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:03
Last Modified: 23 Apr 2025 04:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item
View Item