Nofianti, Nofianti (2019) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NOFIANTI_15031057_2722_2019.pdf [thumbnail of B1_3_NOFIANTI_15031057_2722_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NOFIANTI_15031057_2722_2019.pdf
Download (10MB)
Abstract
Rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik Kelas VII SMP Negeri 16 Padang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Maka perlu dilakukan upaya dengan menerapkan model pembelajaran yang mendukung keaktifan peserta didik agar dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Satu diantara cara yang dapat dilakukan guru adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Pemberian model Discovery Learning diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kompetensi belajar IPA (pengetahuan, sikap dan keterampilan) peserta didik Kelas VII SMPN 16 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik Kelas VII SMPN 16 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan peserta didik Kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dan Kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes untuk kompetensi pengetahuan dan lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui pada kompetensi pengetahuan t hitung > t tabel (5,96 > 1,67), pada kompetensi sikap t hitung > t tabel (6,36 > 1,67) dan pada kompetensi keterampilan t hitung > t tabel (1,69 > 1,67). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik Kelas VII SMPN 16 Padang, penerapan model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap kompetensi sikap peserta didik Kelas VII SMPN 16 Padang, dan penerapan model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap kompetensi keterampilan peserta didik Kelas VII SMPN 16 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning, Kompetensi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:03 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7171 |