Yolanda, Sendy (2012) Using Pen pal letters to Improve Students’ Writing Ability in Writing a Recount Text at Senior High Schools. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SENDY_YOLANDA_04680_6294_2012.pdf [thumbnail of B1_3_SENDY_YOLANDA_04680_6294_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SENDY_YOLANDA_04680_6294_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara mengajarkan writing recount teks dengan menggunakan pen pal letter. Kemampuan siswa SMA dalam memahami recount teks masih sangat kurang disebabkan karena strategi belajar yang tidak menarik dari guru. Recount teks adalah suatu jenis teks yang menceritakan kembali tentang sebuah cerita, pengalaman, atau aktifitas yang terjadi di masa lalu. Tujuan dari recount teks adalah untuk menghibur atau memberi informasi kepada pembaca. Salah satu strategi pengajaran yang dapat membantu siwa dalam mempelajari writing recount teks adalah “ pen pal letter”. Langkah-langkah dalam pengajaran writing recount teks dengan menggunakan pen pal letter yaitu persiapan, sebelum pengajaran, sewaktu pengajaran dan setelah pengajaran. Pada persiapan, guru mempersiapkan materi recount teks, media ajar yang akan digunakan, pen pal letter, dan rencana pengajaran. Pada sebelum pengajaran, guru mengaktifkan latar belakan pengetahuan murid dengan menunjukkan sebuah gambar dan memodelkan pen pal letter. Pada sewaktu pengajaran guru menunjukkan sebuah contoh recount teks dalam bentuk surat, membagi siswa berpasangan dan memberikan pengarahan tentang recount teks. Kemudian guru membagikan surat kepada murid dan menyuruh murid membalas surat tesebut dalam bentuk recount teks. Pada setelah pengajaran, guru megumpulkan semua surat balasan dari siswa dan membacakan beberapa surat di depan kelas. Lalu guru menyimpulkan materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pen pal letters, tudents’ Writing Ability, Recount Text |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7170 |