Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Adabiah 2 Padang

Purwati, Selvira (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi di SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SELVIRA_PURWATI_18031024_2765_2022.pdf] Text
B1_3_SELVIRA_PURWATI_18031024_2765_2022.pdf

Download (14MB)

Abstract

Berpikir kreatif merupakan salah satu Keterampilan Abad 21 yang harus harus dikuasai oleh setiap individu. Berpikir kreatif penting dikuasai oleh peserta didik untuk menemukan ide-ide baru, menyempurnakan ide yang sudah ada, menyelesaikan masalah dengan mudah dan memandang masalah dengan berbagai sudut pandang. Hasil uji pendahuluan peserta didik kelas XI SMA Adabiah 2 Padang menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik tergolong sangat kurang. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik belum optimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomzed Control Group Pretest-Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Adabiah 2 Padang yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes keterampilan berpikir kreatif dalam bentuk uraian. Analisis data menggunakan ANCOVA. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu dengan nilai rata-rata tes pada kelas eksperimen (70) dan kelas kontrol (54). Dari analisis data menggunakan uji One-Way ANCOVA diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signfikan keterampilan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan, model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh berarti terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XI SMA Adabiah 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, keterampilan berpikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:02
Last Modified: 23 Apr 2025 04:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7167

Actions (login required)

View Item
View Item