Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang

Demelia, Nita Ella (2016) Persepsi Siswa tentang Perhatian Orang Tua dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_NITA_ELLA_DEMELIA_1205576_5721_2016.pdf] Text
B1_3_NITA_ELLA_DEMELIA_1205576_5721_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterlibatan orang tua dalam membantu pendidikan anak di sekolah memang sangat diperlukan dan tentu saja hubungan orang tua dan sekolah harus berjalan serasi karena pada hakikatnya pendidikan di sekolah merupakan lanjutan dari pendidikan yang diberikan orang tua dalam keluarga. Remaja, khususnya siswa sekarang ini banyak mengalami kesulitan dalam belajar. Salah satu penyebabnya antara lain karena kurangnya perhatian orang tua. Siswa SMPN 29 Padang masih banyak yang belum memiliki buku paket biologi, nilai ujian masih banyak yang di bawah KKM, tidak mengerjakan PR dan ada yang memberikan alasan tidak membuat PR karena tidak ada yang mengingatkan mereka di rumah. Oleh sebab itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan hubungannya dengan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Padang yang terdiri dari 9 kelas (288 orang). Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan terpilih sampel sebanyak 72 orang siswa (25% dari total populasi). Data persepsi siswa tentang perhatian orang tua diperoleh melalui angket yang memiliki 28 butir pertanyaan. Hasil belajar diperoleh dari rata-rata nilai UH yang diminta kepada guru mata pelajaran biologi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata persepsi siswa terhadap perhatian orang tuanya sudah berada dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi antara perhatian orang tua dengan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 29 Padang adalah 0,3 dan tergolong kategori rendah. Koefisien determinasi sebesar 0,09 artinya perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 9% terhadap hasil belajar. Dari uji t, di dapat t hitung sebesar 8,77 sedangkan t = 1,66 sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel maka H O tabel ditolak, artinya adanya hubungan yang berarti antara perhatian orang tua dengan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP N 29 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Biologi Siswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:01
Last Modified: 23 Apr 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7162

Actions (login required)

View Item
View Item