Famela, Selmi (2016) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 16 Siteba Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SELMI_FAMELA_54085_597_2016.pdf [thumbnail of B1_3_SELMI_FAMELA_54085_597_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SELMI_FAMELA_54085_597_2016.pdf
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 16 Siteba pada mata pelajaran IPS, terlihat bahwa kegiatan pembelajaran masih terpusat pada guru (Teacher Centered). Guru mendominasi kegiatan pembelajaran dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan pembelajaran yang mengaktifkan siswa salah satunya adalah model Cooperative Learning tipe Make a Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match dan pembelajaran konvensional di Kelas IV SDN 16 Siteba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat Quasy Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Populasi adalah siswa kelas IV SDN 16 Siteba yang berjumlah 40 orang terdiri dari 2 kelas, teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas IV.A dan IV.B masing-masing siswanya berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal, alat pengumpul data digunakan lembaran tes. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Rata–rata hasil belajar yang diperoleh siswa dalam penelitian ini untuk kelas eksperimen adalah 85,2 dengan SD 8,42, sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Make a Match sebesar 80,2 dengan SD 8,04. Dari analisis t-test diperoleh t hitung 1,8709. Pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 1,6860, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Make a Match dengan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Maka disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Make a Match berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN N 16 Siteba.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:01 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7161 |