Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP

Renat, Selly Epriani (2015) Pengembangan Modul Dilengkapi Peta Konsep dan Gambar pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SELLY_EPRIANI_RENAT_1101326_6006_2015.pdf] Text
B1_3_SELLY_EPRIANI_RENAT_1101326_6006_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya bahan ajar yang dimiliki siswa membuat siswa sulit untuk memahami materi serta konsep dari pembelajaran, sedangkan pada pembelajaran biologi banyak materi, gambar dan konsep-konsep yang harus dipahami oleh siswa sehingga diperlukan suatu pengembangan, diantaranya modul. Modul membuat siswa belajar mandiri tanpa atau dengan bantuan guru, karena didalam modul adanya umpan balik yang dapat digunakan sebagai uji pemahaman siswa terhadap materi. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa modul dilengkapi peta konsep dan gambar untuk siswa kelas VII SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang validator, 2 orang guru, dan 20 siswa Kelas VII.5 SMPN 26 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa modul. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata adalah 88.13% dengan kriteria valid. Hasil uji praktikalitas dengan guru diperoleh nilai rata-rata 91.39% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa diperoleh nilai rata-rata 90.15% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan modul dilengkapi peta konsep dan gambar pada materi keanekaragaman makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMP yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul, Peta Konsep, Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:01
Last Modified: 23 Apr 2025 04:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7159

Actions (login required)

View Item
View Item