Pani, Ory Adisky (2019) Pengaruh Kepemimpinan dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ORY_ADISKY_PANI_17147020_6101_2019.pdf [thumbnail of B1_1_ORY_ADISKY_PANI_17147020_6101_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ORY_ADISKY_PANI_17147020_6101_2019.pdf
Download (526kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya kinerja guru di
SMP Negeri Kota Bukittinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja guru
diantaranya adalah kepemimpinan dan supervisi akademik. Tujuan Penelitian ini
adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan
kepala sekolah secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota
Bukittinggi, (2) pengaruh yang signifikan antara supervisi akademik kepala
sekolah secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi,
(3) pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan melalui supervisi akademik
kepala sekolah secara tidak langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota
Bukittinggi.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis
jalur. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 280 orang guru di SMP Negeri Kota
Bukittinggi. Sampel diambil dengan menggunakan Stratified Proporsional
Random Sampling dengan menggunakan rumus Cochran. Instrumen penelitian ini
menggunakan angket, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 165 orang
dengan penarikan sampel sebanyak 58%. Alat pengumpulan data adalah angket
dengan model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya
menggunakan bantuan program SPSS (Statistic Package and Social Science) 20.0
For Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala
sekolah berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja guru di SMP
Negeri Kota Bukittinggi sebesar 78,85%; (2) supervisi akademik kepala sekolah
berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kinerja guru di SMP Negeri
Kota Bukittinggi sebesar 61,77%; (3) Kepemimpinan melalui supervisi akademik
kepala sekolah berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja guru
di SMP Negeri Kota Bukittinggi sebesar 85%.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa
hipotesis dapat diterima secara empiris. Hal ini berarti,kepemimpinan dan
supervisi akademik berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kota
Bukittinggi. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk
memperhatikan kepemimpinan dan supervisi akademik kepala sekolah agar
kinerja guru di SMP Negeri Kota Bukittinggi meningkat.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:00 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7150 |