Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Vee Map Tentang Materi Sel untuk SMA/MA

Agustin, Hutari (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Vee Map Tentang Materi Sel untuk SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_HUTARI_AGUSTIN_1301488_934_2018.pdf] Text
B1_03_HUTARI_AGUSTIN_1301488_934_2018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Sel adalah materi yang bersifat abstrak dan sulit dipahami oleh peserta didik kelas XI SMA/MA. Dalam pembelajaran biologi ada teori dan praktik. Untuk memperkuat teori, dilakukan kegiatan praktikum. Praktikum memerlukan beberapa penunjang agar berjalan lancar, salah satunya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Komponen LKPD di sekolah masih kurang lengkap, belum tersedianya LKPD yang inovatif, dan sesuai dengan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menerapkan peserta didik lebih aktif. Menggunakan model inkuiri terbimbing peserta didik lebih mudah melakukan kegiatan praktikum dan menemukan konsep sendiri. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan LKPD berbasis model inkuiri terbimbing dilengkapi vee map untuk SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D models. Pada penelitian ini hanya dilakukan tiga tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) namun penyebaran (disseminate) tidak dilakukan dalam penelitian ini. Data dari penelitian bersumber dari uji validitas oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas oleh 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 11 Padang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk LKPD berbasis model inkuiri terbimbing dilengkapi vee map tentang materi sel. Hasil uji validitas, diperoleh rata-rata nilai 91,82% dengan kriteria sangat valid, dan hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh nilai rata-rata 94,44 % dengan kriteria sangat praktis sedangkan oleh peserta didik diperoleh nilai rata-rata 88,74%dengan kriteria praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model inkuiri terbimbing dilengkapi vee map yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model Inkuiri, Vee Map
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:57
Last Modified: 23 Apr 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7127

Actions (login required)

View Item
View Item