Pelaksanaan Pengenalan Konsep Angka Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kartini Pasar Palembayan

Silvia, Silvia (2014) Pelaksanaan Pengenalan Konsep Angka Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kartini Pasar Palembayan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SILVIA_54422_4896_2014.pdf] Text
B1_2_SILVIA_54422_4896_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan yaitu perencanaan pengenalan konsep angka yang dirancang oleh guru belum sesuai dengan pelaksanaanya, metode yang digunakan guru dalam pengenalan konsep angka kurang bervariasi, media yang digunakan guru dalam pengenalan konsep angka kurang menarik dan pengenalan kon sep angka yang dilakukan kurang menyenangkan sehingga anak mudah jenuh dalam proses mengenalkan angka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengenalan konsep angka pada anak usia dini di TK Kartini Pasar Palembayan Kabupaten Agam. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitataif, yaitu mengambarkan apa adanya yang terdapat dilapangan. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kartini Pasar Palembayan Kabupaten Agam. Informan/responden dalam penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah lebih kurang 17 orang dengan guru kelas Winda Gusmita. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata atau narasi, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini mengunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengenalan konsep angka di taman kanak-kanak Kartini Palembayan Kabupaten Agam berkembang dengan baik. Hal ini terlihat dalam perencanaan pengenalan konsep angka, pelaksanaan pengenalan konsep angka dan evaluasi pengenalan konsep angka sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran pada umumnya. Dan pelaksanaan pengenalan konsep angka, sudah berkembang dengan baik dapat dilihat dari hasil proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengenalan konsep angka, Anak usia dini, Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:57
Last Modified: 23 Apr 2025 03:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7122

Actions (login required)

View Item
View Item