Efektifitas Penggunaan Media Cubaritme untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret ke Bawah dengan Teknik Menyimpan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III ( Single Subject Research kelas DIII/C di SDLB N 20 Pondok Duo Kota Pariaman)

Wardamaini, Silvia (2013) Efektifitas Penggunaan Media Cubaritme untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret ke Bawah dengan Teknik Menyimpan bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III ( Single Subject Research kelas DIII/C di SDLB N 20 Pondok Duo Kota Pariaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SILVIA WIRDAMAINI 01133_561_2013.pdf] Text
B1_2_SILVIA WIRDAMAINI 01133_561_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di SDLBN 20 Pondok Duo Kota Pariaman,seseorang anak tunagrahita ringan yang mengalami masalah dalam penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas penggunaan media cubaritme untuk meningkatkan penjumlahan deret kebawah dengan teknik menyimpan bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C di SDLBN 20 Pondok Duo Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan disain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas DIII/C, yang mana anak di suruh menyelesaikan soal penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan pada lembaran jawaban. Banyak soal yang di berikan sepuluh butir setiap kali pertemuan, dan pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Cubaritme efektif dalam meningkatkan penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan bagi anak tunagrahita ringan kelas DIII/C SDLBN 20 Pondok Duo Kota Pariaman. Ini di buktikan dengan hasil intervensi (A1) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan, persentase kemampuan penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan terletak pada rentang 0%, dan 10%. Kedua, intervensi (B) dengan menggunakan media Cubaritme pengamatan dilakukan sebanyak sepuluh kali, persentase kemampuan penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan pada rentang 20%, sampai 100%. Baseline setelah tidak lagi menggunakan media Cubaritme (A2) dilakukan sebanyak lima kali pengamatan, didapat hasil kemampuan anak dalam penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan terletak pada rentang 70%, sampai 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan media Cubaritme efektif dalam meningkatkan penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan media cubaritme untuk meningkatkan penjumlahan deret ke bawah dengan teknik menyimpan anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media cubaritme, Kemampuan penjumlahan, Anak tunagrahita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:56
Last Modified: 23 Apr 2025 03:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item
View Item