Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kreativitas Siswa di SMP Pertiwi 2 Padang

Sarinah, Sarinah (2015) Pengaruh Pendidikan Kepramukaan Terhadap Kreativitas Siswa di SMP Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SARINAH_1100342_4436_2015.pdf] Text
B1_3_SARINAH_1100342_4436_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Pertiwi 2 Padang ditemui fenomena bahwa guru di sekolah tersebut lebih menekankan pembelajaran pada pengembangan aspek kognitif. Sebenarnya sekolah bertanggung jawab untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan mengembangkanya baik melalui kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler, dan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menunjang perkembangan kreativitas peserta didik adalah kegiatan kepramukaan. Pendidikan kepramukaan bertujuan untuk membentuk peserta didik yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertakwa, cerdas, kreatif dan terampil serta kuat dan sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan kepramukan terhadap kreativitas siswa secara signifikan di SMP Pertiwi 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pretest-posttest (pretest-posttest one group design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Pertiwi 2 padang yang mengikuti ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan untuk selanjutnya dijadikan sampel penelitian dengan jumlah 30 siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari skor hasil kreativitas awal dan kreativitas akhir. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah non tes dengan menggunakan metode observasi. Observasi dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan pedoman sebagai instrumen. Observasi dilaksanakan dua kali untuk memperoleh skor kreativitas awal dan skor kreativitas akhir. Setelah data diperoleh, dilakukan uji normalitas data, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor kreativitas awal adalah 35,3, sedangkan rata-rata skor kreativitas akhir adalah 37,20. Berdasarkan perhitungan ujit, diperoleh t hitung 3,592 sedangkan t tabel 1,6991 pada taraf kepercayaan α 0,05, sehingga t hitung > t tabel . Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang diajukan peneliti terbukti, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan kepramukaan berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas siswa di SMP Pertiwi 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepramukaan, Kreativitas, Pendidikan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:55
Last Modified: 23 Apr 2025 03:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item
View Item