Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dilengkapi Tugas Kartu Ide Bergambar terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 10 Padang

Rahmayeni, Sari Okta (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Dilengkapi Tugas Kartu Ide Bergambar terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SARI_OKTA_RAHMAYENI_1101328_6199_2015.pdf] Text
B1_3_SARI_OKTA_RAHMAYENI_1101328_6199_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang ditemukan penulis di SMP Negeri 10 Padang, yaitu proses pembelajaran masih berpusat pada guru, rendahnya tingkat keaktifan siswa, dan kurangnya persiapan siswa dalam menghadapi pembelajaran yang akan berlangsung. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here yang dapat menuntut keaktifan siswa, agar pembelajaran berpusat pada siswa. Model pembelajaran ini dilengkapi dengan tugas rumah kartu ide bergambar.Tugas kartu ide bergambar ini dapat memberikan pengetahuan awal kepada siswa tentang materi yang dipelajari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dilengkapi tugas Kartu Ide Bergambar terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Posttest Only Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik purposive sampling, dimana sampel diambil berdasarkan nilai rerata terdekat dan diajar oleh guru yang sama. Kelas VIID terpilih sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIA sebagai kelas kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar untuk kompetensi kognitif, lembar pengamatan sikap siswa untuk kompetensi afektif, dan lembar pengamatan praktikum siswa untuk kompetensi psikomotor.Data dianalisis dengan mengunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis(Uji-t). Hasil analisis data kompetensi siswa dengan uji normalitas data dan uji homogenitas data diperoleh hasil yaitu data terdistribusi normal dan variansnya homogen. Kemudian dilanjutkan dengan uji-t pada ketiga kompetensi siswa, diperoleh hasil pada kompetensi kognitif yaitu t kompetensi afektif diperoleh t hitung = 1,85< t tabel hitung = 1,85< t tabel = 1,67 dan pada kompetensi psikomotor yaitu t hitung = 2,09< t = 1,67. Dari analisis data tersebut dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel, tabel = 1,67. Pada maka hipotesis diterima.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif perlakuan menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here yang dilengkapi tugas kartu ide bergambar terhadap kompetensi belajar biologi siswa Kelas VII SMPN 10 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Kartu Ide Bergambar, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:54
Last Modified: 23 Apr 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7101

Actions (login required)

View Item
View Item