Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan Getar Melalui Metode Motokinestetik bagi Anak Hambatan Bicara (Single Subject Research di Kelas III SD N 03 Sungai Angek Kecamatan Baso)

Hanum, Silfa (2012) Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Konsonan Getar Melalui Metode Motokinestetik bagi Anak Hambatan Bicara (Single Subject Research di Kelas III SD N 03 Sungai Angek Kecamatan Baso). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_SILFA_HANUM_01148_609_2013.pdf] Text
B1_2_SILFA_HANUM_01148_609_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang tampak di lapangan, yakni anak mengalami hambatan/kelainan bicara di kelas III di SD N 03 Sungai Angek Kecamatan Baso yang mengalami hambatan dalam pengucapan konsonan [r]. Hal ini terlihat dari kemampuan awal anak dalam pengucapan konsonan [r] pada kata yang mengandung konsonan [r]. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan metode motokinestetik dalam meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan [r] bagi anak hambatan/kelainan bicara di kelas III di SD N 03 sungai Angek Kecamatan Baso. Metodologi penelitian yang digunakan adalah single subject research (SSR) dengan desain penelitiannya adalah A-B-A dan teknik analisis data menggunakan tabel dan analisis data visual grafik. Subjek penelitian adalah anak yang mengalami hambatan/kelainan bicara kelas III SD. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase berapa jumlah pengucapan kata mengandung konsonan [r] yang benar. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline (A1) sebanyak delapan kali, kondisi treatment (B) sebanyak duabelas kali dan kondisi baseline (A2) sebanyak lima kali. Hasil penelitian ini ditujukan pada analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi yang menunjukkan adanya perubahan kemampuan pengucapan konsonan [r] diawal kata pada anak hambatan/kelainan bicara ke arah yang lebih baik. Dari hasil perolehan data ini dapat disimpulkan bahwa metode motokinestetik dapat digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan [r]. Peneliti meyarankan kepada orang tua, guru dan peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan metode motokinestetik sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memproduksi konsonan khususnya konsonan [r] dan memvariasikannya agar siswa tidak bosan serta pembelajarannya lebih menarik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengucapan konsonan getar, Metode motokinestetik, Anak hambatan bicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:54
Last Modified: 23 Apr 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7098

Actions (login required)

View Item
View Item