Hubungan Interpersonal Mahasiswa PL Jurusan Sejarah Dengan Guru Pamong Dalam Melaksanakan Kegiatan PPLK di SMA N Kota Bukittinggi.

Sari, Luciana Elma (2015) Hubungan Interpersonal Mahasiswa PL Jurusan Sejarah Dengan Guru Pamong Dalam Melaksanakan Kegiatan PPLK di SMA N Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_LUCIANA_ELMA_SARI_13184_1087_2015.pdf] Text
B1_2_LUCIANA_ELMA_SARI_13184_1087_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kurang terjalinnya hubungan
interpersonal antara mahasiswa PL Jurusan Sejarah dengan guru pamong. Adanya
keluhan dari guru pamong mengenai tingkat disiplin mahasiswa, tidak adanya
pembauran, sering terlihat guru sekolah tersebut hanya membaur sesama guru dan
mahasiswa PPLK juga sesama mereka, adanya missed communication guru pamong
dengan mahasiswa PL dan permasalahan lain guru pamong yang teralalu sibuk dengan
urusannya dan menyerahkan kelas 100% kepada mahasiswa PL, sehingga komunikasi
antara mahasiswa dengan pamong kurang terjalin dengan baik. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan hubungan interpersonal mahasiswa PL dengan guru pamong
pada priode PPLK Juni – Desember 2014 di SMA N di kota Bukittinggi.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe evaluasi dengan lokasi penelitian
SMA N di kota Bukittinggi. Data diambil dari informan mahasiswa PL sejarah dan guru
pamong, melalui teknik observasi dan wawancara. Keabsahan data atau keakuratan data
dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan teknik triagulasi data. Kemudian data
yang terkumpul dianalisis dengan interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil temuan bahwa dalam menjalin hubungan interpersonal
mahasiswa PL jurusan sejarah dengan guru pamong, dilihat dari strategi memelihara
hubungan interpersonal yaitu positivitas, Mahasiswa PL masih belum sepenuhnya
bertanggung jawab berkaitan dengan tugas PBM dan menyusun perangkat ,sedangkan
untuk mengawas ujian sudah dilaksanakan oleh mahasiswa PL. Keterbukaan,berkaitan
dengan mengemukakan kesulitan dan mengemukakan permasalahan pribadi masih
mahasiswa PL masih belum terbuka dengan pamong. Jaminan, berkaitan dengan berbagi
strategi,mengarahkan berinteraksi,berbagi pengalaman dan memotivasi mahasiswa PL
dan berbagi tugas sudah dilakukan guru pamong. Jaminan diliahat dari mahasiswa
berkonsultasi dengan pamong mengenai perangkat untuk SMA 4 mahasiswa tidak ada
berkonsultasi dengan pamong, sedangkan berkonsultasi mengenai kesulitan mengajar
mahasiswa PL sudah mengkonsultasikan dengan pamong. Berbagi tugas, menyelesaikan
permasalahan belajar siswa masih ada yang belum sedangkan untuk membuat soal dan
mengolah nilai siswa mahasiswa PL dan pamong sudah berbagi tugas
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari lima strategi
memperkuat hubungan interpersonal terlihat hubungan interpersonal antara mahasisiwa
PL dan guru pamong belum terjalin dengan baik

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:54
Last Modified: 23 Apr 2025 03:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7097

Actions (login required)

View Item
View Item