Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Everyone is a Teacher Here dengan Index Card Match Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 12 Padang

Arlia, Sanova (2014) Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Everyone is a Teacher Here dengan Index Card Match Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 12 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_SANOVA_ARLOIA_54870_5921_2014.pdf] Text
B1_3_SANOVA_ARLOIA_54870_5921_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang terdapat di SMAN 12 Padang adalah rendahnya hasil belajar biologi siswa. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya siswa kurang termotivasi untuk terlibat aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran sehingga suasana pembelajaran biologi kurang kondusif. Beberapa kendala yang mengakibatkan kurang berpartisipasinya siswa dalam proses pembelajaran adalah materi pelajaran biologi disampaikan oleh guru lebih sering dengan metode ceramah, siswa tidak dibiasakan menggali pengetahuan yang dimilikinya untuk disampaikan kepada orang lain, sehingga siswa jarang sekali bertukar pikiran dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi hal tersebut adalah model pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dan Index Card Match (ICM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe ETH dengan ICM pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA di SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA SMAN 12 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA3 (kelas eksperimen I) dan kelas XI IPA5 (kelas eksperimen II). Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes akhir untuk ranah kognitif dalam bentuk soal objektif sebanyak 30 butir soal. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t karena data terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis pada ranah kognitif didapatkan t (3,86) lebih besar daripada t tabel hitung (1,67). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dan Index Card Match (ICM). Siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) memiliki hasil belajar biologi lebih baik daripada siswa yang d pembelajarannya menggunakan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match (ICM.)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Index Card Match, Perbandingan, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:04
Last Modified: 23 Apr 2025 02:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7083

Actions (login required)

View Item
View Item