Rosi, Nelvani (2016) Pengembangan Modul IPA Bernuansa ESQ (Emotional Spiritual Quotient)pada Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Siswa SMP Kelas VIII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NELVANI_ROSI_1201348_3546_2016.pdf [thumbnail of B1_3_NELVANI_ROSI_1201348_3546_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NELVANI_ROSI_1201348_3546_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan di Indonesia selama ini terlalu menekankan arti penting dari kecerdasan intelektual saja dan mengesampingkan kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya kemerosotan moral peserta didik.Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendidik moral peserta didik adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai ESQ dalam bahan ajar, misalnya modul. Modul yang di integrasikan dengan nilai-nilai ESQ diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar serta menanamkan dan meningkatkan nilai-nilai emosional spiritual dalam kehidupan peserta didik. Berdasarkan hal tersebut penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa modul IPA bernuansa ESQpada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP kelas VIII yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan 3 tahap dari model 4D yaitu tahap define meliputi analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Selanjutnya tahap design dilakukan perancangan modul IPA bernuansa ESQ, terakhir tahap develop dilakukan uji validitas modul oleh 5 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang guru serta 30 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bukittinggi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket uji validitas dan angket uji pratikalitas. Sedangkan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa modul IPA bernuansa ESQpada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP kelas VIII. Hasil analisis data uji validitas memiliki nilai rata-rata 88,08% dengan kriteria validbaik dari segi substansi maupun nilai ESQ. Hasil analisis data uji pratikalitas untuk guru menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki nilai rata-rata 88,89%, sedangkan untuk siswa 83,61%, keduanya dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul biologi bernuansa ESQ pada materi zat aditif dan zat adiktif untuk siswa SMP kelas VIII yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul IPA, ESQ (Emotional Spiritual Quotient), Materi Pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7079 |