Rana, Salsabila (2012) Using Collaborative Strategic Reading and Guided Extensive Reading for Students’ Reading Comprehension. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SALSABILA_RANA_83595_3792_2012.pdf [thumbnail of B1_3_SALSABILA_RANA_83595_3792_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SALSABILA_RANA_83595_3792_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu faktor rendahnya Reading Comprehension siswa adalah karena minimnya pengetahuan tentang strategi membaca dan penerapan strategi membaca yang kurang tepat. Ini ditandai dengan sulitnya mereka memahami, berinteraksi dan merespon bacaan. Reading comprehension merupakan proses atau sikap yang menunjukkan apakah siswa tersebut mengerti dengan apa yang sedang dibacanya. Banyak alasan untuk membaca, namun untuk memahami apa yang dibaca selalu menjadi bagian dari tujuan membaca. Tanpa reading comprehension, siswa atau pembaca akan sulit menangkap informasi dari bacaan tersebut. Untuk memahami teks comprehension yang cendrung kompleks dan semakin menantang, siswa perlu dibekali strategi teks comprehension guna mengembangkan reading comprehension mereka. Makalah ini mempromosikan Collaborative Strategic Reading (CSR) sebagai pendekatan yang didesain untuk membantu siswa mengembangkan serta meningkatkan reading comprehension mereka. CSR telah dibuktikan menjadi alat yang efektif untuk membantu siswa dari berbagai level dan usia yang memiliki kesulitan dalam memahami teks/bacaan. CSR mengkombinasikan dua instructional approach: reading comprehension strategy instruction dan cooperative learning. Siswa dimotivasi bergantian bersama guru serta rekan-rekan mereka untuk fokus pada fitur utama dalam membaca suatu teks: summarizing, questioning, clarifying, dan predicting. Ini dicapai dengan memanfaatkan empat teknik yang telah terbukti dalam kelompok belajar kooperatif yaitu, before, during dan after reading. Teknik yang digunakan adalah: Preview (before reading); Click & Clunk (during reading); Get the gist (during reading) dan Wrap up (after reading). Sebagai pelengkap pemahaman dalam membaca yang sekaligus dapat memotivasi siswa membaca, Guided Extensive Reading (GER) diaplikasikan sebagai supplementary approach. Konsep GER adalah memotivasi siswa untuk banyak membaca di luar kelas. Singkatnya, gabungan kedua pendekatan ini merupakan cara yang positif untuk meningkatkan reading comprehension siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative Strategic Reading, Guided Extensive Reading, Reading Comprehension |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7076 |