Amelia, Nella Rhizki (2014) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Mind Map pada Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NELLA_RHIZKI_AMELIA_17461_1213_2014.pdf [thumbnail of B1_3_NELLA_RHIZKI_AMELIA_17461_1213_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NELLA_RHIZKI_AMELIA_17461_1213_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah sebaiknya dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa baik kognitif, afektif maupun psikomotor. Namun, hal ini belum terlaksana dengan baik. Masalah yang sering muncul adalah kurangnya partisipasi aktif dan minat siswa terhadap pelajaran. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah dengan memberikan tugas rumah berupa mind map pada model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian tugas rumah berupa mind map pada model Problem Based Learning terhadap kompetensi belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai yang tersebar dalam 3 kelas yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang menjadi sampel adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk kompetensi ranah kognitif, format observasi untuk kompetensi ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk kompetensi ranah psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) dengan 0,05 untuk ranah kognitif, sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentase nilai rata-rata kelas sampel. Hasil analisis data menggunakan uji t pada ranah kognitif diperoleh t hitung 3,20 dan t tabel = 1,67 pada 0,05 dengan dk = (n ) – 2. Karena t h � t maka hipotesis diterima. Sedangkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 84,78 dan rata-rata nilai kelas kontrol 80,39. Pada ranah afektif siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 82,58 dan siswa kelas kontrol 77,82. Hal ini menunjukkan bahwa siswa bersikap positif terhadap pemberian tugas rumah berupa mind map. Pada ranah psikomotor siswa kelas eksperimen memiliki rata- t rata nilai 83,22 dan siswa kelas kontrol 80,71. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dalam pemberian tugas rumah berupa mind map pada model Problem Based Learning terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Anai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Problem Based Learning, Kompetensi Belajar Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7074 |