Hayati, Safni (2015) Pesepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Simulasi Digital di Kelas X SMKN 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_SAFNI_HAYATI_1105394_4470_2015.pdf [thumbnail of B1_3_SAFNI_HAYATI_1105394_4470_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_SAFNI_HAYATI_1105394_4470_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Simulasi Digitalyang dilakukan siswa terlihatbelum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipersepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital di kelas X SMK N 9 Padangyang terdiri dari empat indikator (1) persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam kegiatan pendahuluan, (2) persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam kegiatan inti pembelajaranatau proses pembelajaran, (3) Persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam kegiatan penutup, dan (4) persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam sarana dan prasarana penunjang pembelajaran Simulasi Digital. Penelitianini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas X SMKN 9 Padang yang berjumlah 88 orang. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalahRandom Sampling, alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital di kelas X SMKN 9 Padang tingkat pencapaian dalam kategori cukup positif. Hal tersebut dapat digambarkan melalui hasil penelitian dimanapersepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam kegiatan pendahuluan siswa berpersepsi positif . Sedangkanpersepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam kegiatan intisiswa berpersepsi cukup positif. Kemudianpersepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam kegiatan penutup siswa juga berpersepsi cukup positif. Sementara itu persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital dalam sarana dan prasarana penunjang siswa mempunyai persepsi cukup positif.Dari uraian hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran Simulasi Digital di kelas X SMK N 9 Padang sudah cukup positif. Dalam hal ini tentu perlu adanya pengoptimalan maupun perbaikan dari sarana dan prasarana agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesepsi, Simulasi Digital |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7073 |