Yeni, Evri (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Metode Multisensori bagi Anak Autis: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 1 SLB Autis Harapan Bunda Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_EVRI_YENI_50927_4374_2012.pdf [thumbnail of B1_2_EVRI_YENI_50927_4374_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_EVRI_YENI_50927_4374_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan di sekolah, yaitu di kelas 1 SLB Autis Haarapan Bunda Padang yang di dalamnya ada dua orang anak autis dan satu orang guru. Ketika dilaksanakan pembelajaran mengenal bilangan [1-10], guru masih menggunakan metode dan teknik konvensional (ceramah, demonstrasi, pemberian tugas dan ada juga menggunakan multisensori tapi belum optimal). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran mengenai bilangan 1-10 melalui metode multisensori, dan 2) membuktikan efektifitas penggunaan metode multisensory dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan [1-10] anak autis. Penelitian menggunakan metode tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dengan berkolaborasi dengan teman sejawat. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes, kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran mengenal bilangan [1-10] dengan metode multisensori dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing ada delapan pertemuan yang diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan (melibatkan indera visual, auditif, kinestetik dan taktil) dan kegiatan akhir. 2) Hasil pembelajaran mengenal bilangan [1-10] melalui metode multisensory pada tes awal nilai kemampuan mengenal bilangan [1-10] D sebesar (20) dan R masih (12,5). Siklus I nilai kemampuan mengenal bilangan [1- 10] anak meningkat yakni: D (65) dan R (50). Sedangkan siklus II bertambah meningkat yakni D memperoleh (95) dan R memperoleh (90) dalam menyebutkan, menunjukkan, menuliskan dan mencocokkan jumlah benda dengan bilangan 1-10 yang diujikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan [1-10] bagi anak autis kelas 1 SLB Harapan Bunda Padang.Tujuannya untuk membuktikan bahwa metode multisensory efektif meningkatkan kemampuan mengenal bilangan1-10 dengan menggunakan metode multisensory bagi anak di SLB Autis Harapan Bunda. Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran bilangan 1-10 melalui metode multisensory.Disarankan pada sekolah, guru dan peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan metode multisensori dalam melatih mengenal bilangan [1-10] anak autis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MENGENAL BILANGAN, METODE MULTISENSORI BAGI ANAK AUTIS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:03 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7067 |