Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh

Angryanof, Natasya Putri (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_NATASYA_PUTRI_ANGRYANOF_18029150_826_2023.pdf] Text
B1_2_NATASYA_PUTRI_ANGRYANOF_18029150_826_2023.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMA Negeri 2 Payakumbuh diperoleh pemahaman konsep matematis
peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas
konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas
XI MIPA 1 – XI MIPA 8 SMA N 2 Payakumbuh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep yang dianalisis menggunakan uji hipotesis, yaitu uji-t.
Berdasarkan analisis data hasil analisis tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0 karena P-value < α maka �0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman
konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Payakumbuh. Dalam hal ini, dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:02
Last Modified: 23 Apr 2025 02:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item
View Item