Putri, Natasya Kemala (2018) Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di SMP Negeri Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NATASYA_KEMALA_PUTRI_14016111_2018.pdf [thumbnail of B1_2_NATASYA_KEMALA_PUTRI_14016111_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NATASYA_KEMALA_PUTRI_14016111_2018.pdf
Download (14MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Padang (2) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Padang berfokus pada media pembelajaran (3) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Padang berfokus pada materi pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri kota Padang yaitu SMPN 7 kota Padang,SMPN 11 kota Padang, dan SMPN 25 kota Padang. Entri penelitian ini yaitu
implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti mengamati proses pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, kemudian untuk pemenuhan data
sekunder dilakukan dengan cara wawancara. Setelah data dikumpulkan, kemudian data dipaparkan dan disimpulkan.
Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan pembelajaran berbasis teks yang dilaksanakan guru bahasa Indonesia di SMP Negeri kota Padang yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan tiga hal berikut. (1) Pelaksanaan pembelajaran berbasis teks yang dilaksanakan guru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Padang khususnya di
SMP Negeri 7 Padang, SMP Negeri 11 Padang, dan SMP Negeri 25 Padang sudah menggunakan empat capaian dalam pembelajaran berbasis teks, antara lain (a) membangun konteks, (b) telaah model, (c) konstruksi terbimbing, dan (d)konstruksi mandiri, (2) Penggunaan media di SMP Negeri 7 Padang sudah dengan
kategori sangat baik, penggunaan media di SMP Negeri 11 Padang sudah dengan kategori baik, dan penggunaan media di SMP Negeri 25 Padang sudah dengan kategori sangat baik, dan (3) Materi ajar dipilih dan ditetapkan dengan pertimbangan dan memperhatikan masalah-masalah, antara lain (a) tujuan yang akan dicapai agar relevan, (b) tingkat kemampuan berfikir murid, (c) ruang lingkup (scope) serta urut-urutannya perlu disusun agar sistematis dan jelas, dan (d) waktu dan perlengkapan juga diperhatikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7061 |