Mayasari, Lilit (2016) Efektifitas Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Berkesulitan Belajar Kelas II Sekolah Dasar (Penelitian Subjek Tunggal di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung). Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_LILIT_MAYASARI_1100308_377_2016.pdf [thumbnail of B1_2_LILIT_MAYASARI_1100308_377_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_LILIT_MAYASARI_1100308_377_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan pada
seorang anak berkesulitan belajar X kelas II mengalami hambatan dalam
membaca kata.Berdasarkan hasil asesmen diketahui bahwa anak
mengalami masalah dalam membaca kata terutama kata yang
menggunakan huruf e, f, q dan v. Berdasarkan latar belakang tersebut
peneliti berupaya membantu meningkatkan anak dalam membaca kata
dengan bantua tutor sebaya.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan membaca kata anak dengan bantuan tutor sebaya bagi anak
berkesulitan belajar di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung. Jenis
Penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal ( SingleSubjectReseach ).
Penelian ini menggunakan desain A-B-A.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa kemampuan membaca kata anak
berkesulitan belajar kelas II di SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk Basung,
mengalami peningkatan setelah diberi intervensimenggunakan tutor
sebaya.Pada kondisi baseline(AI)yang dilakukan selama tujuh kali
pertemuan, persentase keberhasilan yaitu 5%. Pada kondisi intervensi
menggunakan tutor sebaya, yang dilakukan selama sepuluh kali pertemuan
persentase keberhasila anak dalam membaca kata adalah 85%. Sedangkan
pada kondisi baseline (A2) setelah tidak lagi diberika intervensi yang
dilakukan selama lima kali pertemuan, anak mampu mempertahankan
kemampuan membaca kata dengan memperoleh persentase mencapai 85%.
Dengan demikian rumusan masalah yang dikemukakan terjawab bahwa
tutor sebaya efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata bagi
anak berkesulitan belajar kelas II SD Negeri 32 Sungai Jaring Lubuk
Basung.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka peneliti
menyarankan agar pihak-pihak terkait dapat mempertimbangkan tutor
sebaya dalam memberikan bantuan membaca kata bagi anak berkesulitan
belajar. Untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan tutor sebaya untuk
mengatasi masalah yang relevan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBACA KATA; ANAK BERKESULITAN BELAJAR; TUTOR SEBAYA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 01:04 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 01:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7050 |