Derara, Nadia (2013) Efektivitas Kegiatan Bermain Cat Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Bagi Anak Tunagrahita Ringan di Kelas D II/C SDLB N 20 Nan Balimo Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_NADIA_DERARA_95933_6072_2013.pdf [thumbnail of B1_2_NADIA_DERARA_95933_6072_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_NADIA_DERARA_95933_6072_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam mengenal warna (merah, biru, kuning). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kegiatan bermain cat air dapat mengenal warna
(merah, biru, kuning) pada anak tunagrahita ringan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A, subjek penelitian adalah seorang anak tunagrahita ringan. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini mengukur
kemampuan anak dalam mengelompokkan, menunjukkan dan menyebutkan warna (merah, biru, kuning) dengan benar untuk mengetahui paham tidaknya anak setelah diberikan perlakuan dengan kegiatan bermain cat air yang disajikan dalam
bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal warna dapat ditingkatkan. Berdasarkan estimasi kecendrungan arah, jejak data,
level perubahan data dan overlape data ini menunjukkan kemampuan anak dalam mengenal warna pada sepuluh bentuk benda setelah diberikan perlakuan kegiatan bermain cat air meningkat, dan persentase overlapnya semakin kecil maka
semakin baik pengaruh intervensi terhadap target behavior. Dimana kemampuan mengelompokkan, menunjukkan dan menyebutkan pada kondisi baseline yang dilakukan delapan kali pengamatan dengan nilai 27%, estimasi kecendrungan arahnya cendrung mendatar dan kondisi intervensi dilakukan sebanyak empat
belas kali pengamatan, anak memperoleh nilai 100% dan kecendrungan arahnya meningkat, pada baseline 2 yaitu 100%, dimana estimasi kecendrungan arah kemampuan anak mengenal warna menigkat. Berdasarkan hasil analisi dalam
kondisi dan antar kondisi maka dapat dinyatakan bahwa persen jumlah warna dikenal anak dapat ditingkatkan dengan kegiatan bermain cat air. Hal ini dilihat setelah diberikan perlakuan dengan kegiatan bermain cat air kemampuan anak
dalam mengenal warna meningkat. Dengan demikian terbukti hipotesis yang dikemukakan bahwa kegiatan bermain cat air untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna dimana hasil penelitian meningkat, maka penelitian menyarankan
kepada guru agar mengunakan cat air dalam mengenalkan warna untuk pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 09:35 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7032 |