Amri, Nella (2013) Pengembangan Modul Bernuansa Pendidikan Karakter dengan Tampilan Majalah pada Materi Pola Hereditas untuk SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NELLA_AMRI_12598_1926_2013.pdf [thumbnail of B1_3_NELLA_AMRI_12598_1926_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NELLA_AMRI_12598_1926_2013.pdf
Download (7MB)
Abstract
ahan ajar tertulis yang masih kurang dipahami dan kurang menarik bagi siswa dapat mengganggu pembelajaran biologi sehingga diperlukan suatu pengembangan, diantaranya berbentuk modul. Kenyataannya, penyajian materi biologi dalam modul masih banyak menekankan pada pencapaian ranah kognitif saja, sedangkan ranah afektif cenderung terabaikan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan modul yang juga menekankan pada ranah afektif siswa, yaitu dengan menyisipkan nilai-nilai karakter positif pada modul. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul bernuansa pendidikan karakter dengan tampilan majalah pada materi pola hereditas untuk SMA, serta untuk mengetahui kriteria validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek penelitian ini terdiri dari 8 orang validator, 3 orang guru, dan 60 siswa Kelas XII IPA dari tiga sekolah, yakni SMA Negeri 2, SMA Negeri 7, dan SMA Negeri 8 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari penelitian dihasilkan produk berupa modul. Modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator baik dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun kegrafikan dengan nilai rata-rata 86,38%. Modul yang dihasilkan juga dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 90,56% dan dikategorikan praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 89,49% dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran, dan manfaat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Bernuansa Pendidikan Karakter, Tampilan Majalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 09:34 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 09:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7027 |