Nur, Nelfi (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Handout dengan Tampilan Majalah yang Dilengkapi Mind Map dengan Buku Pegangan dan LKS dalam Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share pada Siswa Kelas VIII SMPN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_NELFI_NUR_12599_5849_2013.pdf [thumbnail of B1_3_NELFI_NUR_12599_5849_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_NELFI_NUR_12599_5849_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMPN 10 Padang adalah kebiasaan guru mengajar dengan metode konvensional dan jarang menggunakan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Selain model pembelajaran yang kurang bervariasi keterbatasan buku pegangan dan LKS yang kurang menarik membuat siswa merasa kesulitan untuk memahami pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar berupa handout dengan tampilan majalah yang dilengkapi mind map dengan buku pegangan dan LKS dalam pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMPN 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison yang dimodifikasi karena tidak menggunakan kelas kontrol. Kelas eksperimen I (kelas VIII E) menggunakan bahan ajar berupa handout dengan tampilan majalah yang dilengkapi mind map dan kelas eksperimen II (kelas VIII G) menggunakan buku pegangan dan LKS, kedua kelas ditentukan dengan teknik poorposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar yang dilakukan di akhir penelitian. Data dianalisis dengan teknik analisis data uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII E yang diberi bahan ajar berupa handout dengan tampilan majalah yang dilengkapi mind map dengan rata-rata (76,16) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII G yang menggunakan buku pegangan dan LKS (68,82). Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 diperoleh nilai t i hitung (2,38) dan t tabel (1,67), maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar berupa handout dengan tampilan majalah yang dilengkapi mind map lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan bahan ajar berupa buku pegangan dan LKS.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Handout, Mind Map, Buku Pegangan dan LKS, Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:22 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/7016 |